Dalam membangun rumah tentunya ada unsur-unsur tertentu yang kita inginkan, dan salah satu unsur itu adalah rumah sehat. Rumah sehat adalah rumah dengan dengan factor-faktor tertentu yang bisa diciptakan atau dirancang dari awal sebelum kita membangunnya rumah. Mengapa rumah harus sehat? Karena dengan rumah yang sehat penghuni yang berada didalamnya akan nyaman, sehat dan tentulah bahagia.

Membangun atau menciptakan rumah yang sehat tidak terkait dengan ukuran besar kecilnya rumah. Rumah yang sehat lebih terkait pada penataan system pencahayaan, system pengudaraan, komposisi ruang, fungsi ruang, lokasi, dan bahkan teknologi yang ada didalam rumah tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa anda aplikasikan jika ingin membangun rumah yang sehat.

Pengudaraan Alami dengan Cross Ventilation

Usahakan ruang-ruang dalam rumah memiliki system pengudaraan yang baik. Gunakanlah udara alami dengan cara membuat lobang-lobang angin dan ventilasi yang cukup. Beri ruang untuk udara segar masuk agar thermal didalam ruang terjaga dan penghuni menghirup udara yang sehat. Buat juga ruang atau bangunan memiliki system ventilasi yang cross, artinya lobang udara didalam ruang memiliki alur udara yang berlawanan arah. Dengan demikian memungkinkan terciptanya aliran udara yang alami dan udara kotor akan keluar dari lobang ventilasi sisi berlawanan dari udara masuk.

  

Pencahayaan Alami

Cahaya yang masuk kedalam rumah anda juga harus cukup, karena pencahayaan alami yang masuk mampu membunuh kuman-kuman jahat yang mungkin ada di lantai, dinding, bahkan kuman pada udara didalam ruangan. Panas matahari yang masuk juga akan mengeringkan ruang, sehingga ruang tidak menjadi lembab. 

  

Arah Hadap Bangunan

Idealnya sebuah bangunan yang sehat adalah bangunan yang menghadap ke timur. Kenapa harus ketimur? Karena sinar matahari yang masuk dari arah timur adalah sinar matahari pagi yang sehat. Matahari pagi sangat baik untuk kesehatan karena mengandung unsur-unsur vitamin dan pembunuh kuman.

Taman dalam Rumah

Keberadaan taman didalam rumah akan memberikan nuansa segar bagi rumah anda, hal ini akan memberi suasana yang adem, nyaman dan asri didalam rumah. Ukuran taman bisa disesuaikan dengan luas bangunan atau luas lahan.  Berikan juga sentuhan air pada taman tersebut sehingga rumah semakin terasa adem.

 

Rumah Bersih

Hal sederhana yang harus diciptakan didalam hunian sehat adalah menciptakan rumah yang bersih. Rumah bersih merupakan pangkal rumah yang sehat. Jangan sampai rumah berserakan, tidak terurus, sampah ada dimana-mana. Furniture didalam rumah juga harus perhatikan, jangan sampai berdebu. Setiap sudut rumah jangan menjadi sarang bagi serangga, kecoa, semut, rayap bahkan tikus. Lantai rumah harus bersih, jangan menjadi tempat hinggapnya lalat-lalat pembawa penyakit.

Hindari Membangun di Area Rawa

Faktor lain yang harus dipertimbangkan jika ingin membangun rumah sehat adalah, jangan membangun rumah di area rawa atau area yang mudah tergenang banjir. Factor ini sangat penting karena area basah atau rawa akan membawa banyak penyakit, mulai dari nyamuk, hingga binatang kecil yang akan naik kedalam rumah anda.

Hindari Membangun di daerah TPA

Hindarilah membangun rumah di daerah TPA (tempat Pembuangan Akhir), hal ini disebabkan karena udara yang tidak sedap akan masuk kedalam rumah anda. Jika udara yang tidak sedap tersebut anda hiruf dalam jangka panjang, maka akan mempengaruhi kesehatan. Udara dihiruf oleh manusia dan ditampung melalui paru-paru. Jika udara tersebut tidak sehat, maka berpotensi menimbulkan penyakit tertentu seperti gangguan pernafasan, alergi udara hingga penyakit tertentu yang lebih serius karena oksigen yang anda hisaf tidak sehat. Selain karena factor udara yang tidak sehat, membangun rumah didaerah TPA juga akan mengganggu psikologis penghuni rumah. Factor psikologis ini berupa visualisasi yang kurang baik yang penghuni rumah dapatkan setiap hari dari tumpukan sampah disekitar rumah.

Nistain Odop, ST

Arsitek – Penulis

Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta

www.artlinearsitek.com

Kategori: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Person Whatsapp Kami