MARI BEDAKAN CAT EKSTERIOR DAN INTERIOR

Banyak pembaca yang masih bingung memilih jenis cat untuk bangunan terutama dalam hal memilih cat untuk eksterior atau luar ruangan dan interior atau dalam bangunan. Oleh karena itu, saya akan membahasnya untuk anda khalayak pembaca Pontianak Post.

Cat pada umumnya dibedakan dalam tiga jenis, yaitu cat untuk bangunan, cat untuk kayu dan cat besi. Khusus pada cat bangunan, ada dua jenis utama yang harus pembaca ketahui, baik eksterior maupun interior berikut penjelasan lebih lanjut.

Cat Eksterior

Yang dimaksud dengan cat eksterior atau luar ruangan adalah bagian dari bangunan yang berhubungan langsung dengan alam sekitar dan dipengaruhi oleh iklim seperti panas, hujan, angin dan faktor alam – manusia lainnya. Berikut jenis cat yang cocok untuk bangunan eksterior atau dinding luar.

Cat Weather Shield

Cat Weater Shield adalah jenis cat yang mampu menahan panas, hujan dan angin lebih kuat dibandingkan cat biasa. Lapisan dari cat weatershield memiliki daya lekat lebih tinggi terhadap dinding  bangunan, memiliki kemampuan menahan rembesan air hujan dan berdaya tahan lebih lama. Cat jenis weatershield juga memiliki pilihan warna yang beragam sehingga bangunan akan lebih indah. Untuk aplikasi cat weatershield pada bangunan anda, sebaiknya bangunan anda diplester dan di aci, kemudian lapisi dengan cat dasar alkali atau dempul. Dempulan tidak perlu tebal, karena akan mudah terkelupas jika terkena air hujan. Setelah diplester dan di aci, kemudian di alkali, barulah anda cat dengan cat luar ruangan.

Cat Waterproofing

Jenis cat waterproofing bisa anda temui dengan merek seperti No Dxxp, Aquaxxxx, Sxxa. Jenis-jenis cat ini lebih mampu menahan rembesan air hujan dibandingkan cat luar ruangan lainnya. Hanya saja selain pilihan warna yang masih terbatas, cat water proof terkadang tidak dikerjakan dengan cara yang benar, sehingga akan mudah terkelupas dan tidak berfungsi maksimal. Oleh karena itu, jika anda ingin menggunakan cat waterproof alangkah baiknya dikerjakan oleh tukang yang berpengalaman.

Cat Interior

Memilih cat interior dalam ruangan tentu lebih mudah dibandingkan dengan memilih cat eksterior luar ruangan. Harga untuk cat dalam ruangan juga lebih ekonomis bila dibandingkan dengan dua jenis cat di atas. Ada banyak merek cat untuk cat interior dengan daya serap dan daya sebar atau covering yang berbeda. Anda harus cukup jeli dalam memilih merek cat, karena cat murah belum tentu ekonomis dan cat mahal belum tentu boros.

Cat Dasar

Dinding atau tembok yang akan anda cat sebaiknya sudah di plester, di aci dan didempul (kecuali anda ingin menonjolkan tekstur tembok seperti batako atau bata sehingga tidak perlu di plester). Langkah selanjutnya adalah, tembok tersebut diberikan cat dasar. Cat dasar disini berfungsi sebagai perekat utama pada lapisan cat berikutnya sehingga anda bisa lebih hemat dalam penggunaan cat.

Cat Semi Kilat

Untuk mendapatkan hasil yang lebih indah dengan kualitas baik, pilihlah cat semi kilat untuk bangunan anda. Cat semi kilat interior, selain lebih indah, juga tahan lama dan terkesan lebih mewah.

 

Nistain Odop, ST

Arsitek – Penulis

Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta

www.artlinearsitek.com

Kategori: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Person Whatsapp Kami