4

RUANG KERJA DALAM RUMAH

Memiliki ruang kerja di dalam rumah merupakan hal yang di inginkan oleh sebagian orang terutama bagi mereka yang bekerja di rumah atau yang sering membawa pekerjaan kantor untuk dikerjakan di rumah.

Namun mengerjakan pekerjaan di dalam rumah akan tidak efektif dan tidak efisien apabila dilakukan di ruangan yang tidak mendukung. Maka dari itu Anda harus menatanya senyaman mungkin sehingga mampu memberi nuansa cozy seperti yang Anda butuhkan dalam bekerja.

Pilih Ruangan
Ruang kerja yang ideal sebaiknya jauh dari keramaian, memiliki view keluar bangunan dan penataan interior yang sedikit sedikit formal. Pada saat Anda bekerja Anda harus berkonsentrasi pada apa yang sedang dikerjakan.
Pilihlah sebuah ruangan yang dapat digunakan sebagai ruang kerja pribadi. Bisa pula menggabungkan ruang kerja dengan ruangan lain di rumah seperti kamar tidur atau perpustakaan pribadi yang kemudian dapat diberi partisi atau lemari besar untuk menyimpan berkas sebagi pembatas ruang.

Pemilihan dan peletakan Furniture
Pilih furniture yang fungsional dan agak formal, karena ruang kerja identik dengan sesuatu yang serius, kecuali Anda seniman atau sastrawan. Apabila ruang kerja luas maka Anda dapat menggunakan meja yang lebar.
Namun apabila ruang kerja berukuran mungil dan hanya perlu menggunakan meja untuk penyimpanan komputer atau laptop, maka Anda dapat mencari alternatif maja kecil dengan tambahan rak penyimpanan CPU. Selain menyesuaikan dengan ukuran, pemilihan peralatan harus sesuai dengan fungsionalitas dan kenyamanan si pengguna.
Perhatikan pula posisi untuk meletakkan furniture, karena hal tersebut sangat berpengaruh dalam menciptakan kenyamanan bekerja. Biasanya furniture yang ada didalam ruang kerja adalah meja kerja, kursi, lemari penyimpanan dokumen. Tiga furniture ini adalah yang utama. Peletakan peralatan kerja harus direncanakan sebaik mungkin agar tidak mengganggu aktivitas.
Dari segi kenyamanan juga wajib diperhatikan seperti posisi perletakan komputer tidak membelakangi jendela karena akan membuat mata silau saat menatap layar komputer. Posisi paling nyaman adalah meja menghadap jendela atau berada di samping kanan atau kirinya, sehingga Anda juga memiliki view yang luas keluar bangunan.

Penataan interior dinding
Agar ruang kerja Anda semakin cozy, tatalah interior ruang tersebut senyaman mungkin. Posisi furniture di-layout seefisien mungkin. Posisi-posisi furniture diatur untuk kenyamanan dan kemudahan dalam ruang gerak Anda.
Pilihlah warna cat atau wallpaper yang cocok dengan pribadi Anda, buat sedikit wall decoratif dan penataan pencahayaan yang unik agar ruang kerja semakin nyaman. Dengan penataan dan pemilihan interior yang baik, kami yakin Anda akan betah berlama-lama diruangan tersebut.

 

ewe

Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis –
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *