ftgdr

PERPUSTAKAAN DALAM RUMAH

Mempunyai perpustakaan kecil di dalam rumah tentunya menyenangkan bagi Anda yang memiliki hobi membaca. Anda dapat menyimpan koleksi buku secara teratur dan menikmati bacaan kesukaan kapan saja Anda mau.

Namun perpustakaan dalam rumah tentu  membutuhkan space atau ruang yang cukup sehingga Anda bisa menyimpan koleksi buku-buku tersebut dengan baik.

Memperkirakan Jumlah dan Volume Buku
Agar ruang untuk penyimpanan buku-buku di rumah menjadi maksimal, langkah yang harus diperhatikan adalah memperkirakan berapa jumlah buku yang dimiliki.
Setelah mengetahui jumlah buku, Anda kemudian memperhitungkan space untuk menyimpan buku-buku tersebut, lalu memutuskan apakah perlu ruang khusus untuk menyimpan koleksi buku atau hanya membuat perpustakaan mini saja dengan rak-rak yang ditata dengan baik.

Menentukan Letak Perpustakaan
Jika ruang yang dibutuhkan tidak terlalu besar, maka buatlah perpustakaan mini dengan membuat rak-rak untuk penyimpanan buku tersebut. Pajang buku-buku itu di ruang tamu, ruang keluarga dan ruang kerja.
Buku-buku terbaik bisa diekspose sebagai pemanis ruangan. Misalnya beberapa buku sengaja dipajang di ruang tamu, di ruang keluarga, pada area foyer, pada bawah tangga sebagai bagian dari menunjukkan eksistensi Anda sebagai pribadi pecinta buku.
Bagi Anda yang memiliki banyak koleksi buku dan punya ruang yang cukup luas di rumah alangkah baiknya jika memiliki ruangan khusus untuk menyimpan buku-buku tersebut.
Anda bisa menamakan ruang tersebut sebagai perpustakaan pribadi. Letak perpustakaan pribadi sebaiknya dekat dengan akses ruang kerja, dekat pula dengan kamar tidur. Pertimbangannya adalah karena aktivitas harian Anda tidak akan jauh dari kedua ruangan tersebut.

Jaga Thermal dalam Ruang
Agar koleksi buku tidak mudah rusak, perlakukanlah buku-buku tersebut dengan baik. Jaga thermal atau suhu yang ada didalam ruangan tersebut dengan baik. Jangan terpapar pancaran matahari langsung, jangan berada diruangan yang lembab, jangan terkena hujan, jangan berada pada suhu ruangan yang panas, jangan diletakkan langsung dilantai.
Ruangan yang panas dan terkena sinar matahari akan membuat buku mudah mengalami perubahan warna dan kemudian rusak. Sedangkan ruangan yang lembab bisa merusak rak dan membuat buku-buku mudah terserang jamur.

Simpan Pada Rak dan Lemari Buku
Gunakan rak buku yang kuat agar dapat menopang beban koleksi buku Anda. Rak buku bisa bermacam-macam model dan bentuk. Anda dapat menggunakan Rak dengan desain portable (bisa diangkat dan dipindah-pindahkan) atau juga dengan model rak yang ditanam dalam dinding.
Namun apabila area yang digunakan termasuk area yang mungil Anda dapat menggunakan papan penyangga yang ditempel horizontal di bidang dinding.
Agar terlihat lebih menarik, percantik rak buku dengan permainan warna.  Misalkan pada bagian rak sebelah kanan dicat warna tertentu atau mungkin pada bagian rak bawah bisa Anda cat dengan warna hitam atau coklat.
Anda juga bisa membuat beberapa lemari tertutup dengan pintu kaca, agar koleksi buku lebih terjamin kualitasnya dan bisa dilihat dari luar. Buatlah lemari-lemari yang ramping dan disesuaikan dengan ukuran buku, hal ini baik agar volume lemari penyimpanan buku tidak mubazir alias bisa termanfaatkan semua.

Penataan Buku
Buku juga harus memiliki pengaturan yang baik. Oleh karena itu, urutkan penataan koleksi buku sesuai dengan tema dan ketertarikan Anda. Anda bisa menyimpan buku populer dan yang paling Anda sukai pada posisi yang mudah dijangkau dan mudah dilihat. Sementara buku-buku tertentu yang jarang Anda baca bisa Anda tempatkan diposisi pinggir dan agak tersembunyi.
Ada juga beberapa rekomendasi dari para pecinta buku terkait penataan letak buku ini agar buku di letakkan sesuai dengan nama pengarang atau judul secara alfabet.
Untuk membuat tampilan yang lebih rapi, Anda dapat mengurutkannya sesuai dengan tipe sampul. Misalnya beberapa buku dengan sampul hardcover harus di letakkan di deretan yang sama. Begitu pula dengan buku yang bersampul tipis. Hal ini bisa meminimalisir resiko kerusakan sampul ketika ingin menarik buku-buku yang terhimpit di deretan rak.
Pembaca Pontianak Post yang budiman, membaca adalah salah satu cara kita untuk membuka cakrawala pemikiran mengenai ilmu pengetahuan.
Orang bijak bilang bahwa buku adalah jendela dunia, maka dengan pajangan koleksi buku di rumah, pemilik rumah akan terkesan berpendidikan, smart, pemikir dan memiliki wawasan yang luas dalam bidang tertentu.

 

ewe
Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta
Owner Artline Arsitek
www.artlinearsitek.com

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *