1

FASAD RUMAH UNIK

Menarik atau tidaknya tampilan bangunan atau rumah memang tergantung persepsi masing-masing orang. Namun paling tidak ada beberapa elemen yang bisa tonjolkan agar tampilan fasad pada bangunan rumah menjadi menarik.

Permainan Bidang
Sebagai arsitek kami suka memadupadankan komposisi fasad pada bidang bangunan. Komposisi ini menghasilkan bentuk yang tidak hanya rata, melainkan ada bidang-bidang yang menjorok keluar dan ada bidang yang tertarik kedalam. Bentuk fasad menjadi tidak rata dan cenderung bergelombang.
Eksplorasi fasad bisa memberi karakter yang kuat pada tampilan rumah karena adanya permainan bidang tersebut. Bidang-bidang fasad ini bisa berbentuk kotak, lingkaran, permainan profil, permainan jendela maupun ventilasi, permainan komposisi ruang, turun naik lantai ruang dan lain sebagainya.

Perpaduan Material
Sebagai pemilik rumah, tentu Anda ingin tampilan yang unik dan menarik pada rumah Anda. Oleh karena itu kreativitas dan ide-ide yang brilian semestinya bisa diaplikasikan pada rumah. Cobalah untuk sedikit berani memadukan material (ekspose material) pada rumah. Karakter material seperti batu alam, bata merah, batako, semen kamprot, tekstur kayu, dll bisa diterapkan untuk memberikan kesan unik pada rumah.

Permainan Warna
Eksplorasi fasad bangunan yang paling mudah adalah pada pemilihan warna. Cobalah untuk berani tampil beda memberikan warna cat pada rumah. Memilih warna yang baik menjadikan rumah berkarakter sesuai kepribadian pemiliknya. Di beberapa artikel terdahulu kami telah mengupas tentang psikologi warna yang bisa diaplikasikan pada rumah sehingga rumah tersebut terlihat menarik, lapang dan nyaman.
Pada bidang tertentu bisa anda terapkan warna yang agak menyolok sebagai focal point sehingga pandangan orang akan tertuju pada titik focal tersebut. Aplikasikan dua sampai tiga warna pada fasad, jangan lebih dari tiga warna dominan, karena jika lebih maka tampilan rumah akan berkesan lain dan menjadi kurang menarik.

Permainan cahaya
Beranikan saja untuk memberikan sentuhan permainan cahaya lampu pada fasad bangunan. Factor yang cukup penting pada permainan cahaya adalah penempatan posisi lampu, arah sorotan lampu dan pemilihan jenis lampu. Jangan monoton pada lampu warna putih karena anda bisa juga menggunakan lampu sorot warna kuning, biru dan lainnya.
Letakkan posisi lampu pada titik yang menarik seperti pada bidang permainan fasad, sudut rumah, sudut jendela dan bidang yang secara arsitektural bisa diekspose.

 

ewe

Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis –
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *