Teras-Rumah-Minimalis-Model-Taman

RUMAH SEJUK TANPA AC

        Rumah minimalis type 60 merupakan model rumah paling diminati masyarakat Indonesia, khususnya dikalangan menengah. Alasan umum mengapa memilih tumah tipe 60 adalah biasanya karena biaya pembangunannya yang relatif murah, praktis dalam pemeliharaan dan beban operasional rumah tangga menjadi ringan. Bagi pembeli rumah melalui KPR, rumah tipe 60 relatif ringan dalam pembayaran (DP) dan angsuran bulanannya. Di Pontianak sendiri rumah tipe 60 berkisar antara 270jt -300jt, untuk KPR biasanya 20% dari nilai jual, atau berkisar antara 50jt-60jt. Jika membangun sendiri rumah tipe 60, pemilik rumah cukup menyediakan biaya sekitar 150jt.

        Komposisi ruang pada rumah tipe 60 biasanya adalah teras 1,5 x 2,5, ruang tamu yang bisa merangkap sebagai ruang keluarga 3 x 7, ruang tidur utama 3 x 4, ruang tidur anak 3 x 3, dapur 3 x 4, KM/WC 2×2 dan sedikit teras belakang.  Dengan luas bangunan yang hanya 60m2 dan ruang-ruang tersebut maka pemilik rumah harus cukup jeli dalam menata eksterior maupun interiornya. Penataan dan perencanaan yang apik akan membuat rumah tipe 60 menjadi elegan, minimalis dan membuat pemilik betah berada di rumah.

Rancangan Minimalis
Untuk rumah dengan luas terbatas utamanya dibawah 200m2 sangat disarankan untuk merancang rumah dengan bentuk minimalis. Bentuk minimalis merupakan gaya arsitektur yang kotak-kotak, memadukan tampilan kaca yang elegan, sentuhan stenlis pada balkon, permainan warna dan sentuhan batu alam. Selain menjadi trend saat ini, rumah minimalis juga memiliki tampilan yang elegan, teknologis, moderen dan mudah dalam perawatannya. Bentuk minimalis bisa diperkaya dengan sentuhan granit, keramik anti gores, komposit, batu alam, pewarnaan dinding yang putih, abu-abu, atau sedikit sentuhan warna merah dan orange.

Perhatikan Thermal dan Pencahayaan
Unsur cahaya dan thermal merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah rumah. Jangan sampai setelah membangun rumah dengan tipe ini tidak tersedia cukup cahaya yang masuk kedalam rumah. Jadi perhatikan posisi jendela dan ventilasi. Untuk rumah-rumah KPR biasanya perletakan posisi pintu, jendela dan pelobangan thermal sudah diperhitungkan oleh developer sehingga komposisi thermal didalam akan cukup baik pada rumah tersebut.

Pilih Furniture Fungsional dan Kuat
Selanjutnya Anda harus mempertimbangkan fungsi utama dari furniture, kekuatan dan ukuran furniture tersebut. Furniture seperti kursi, sofa, meja, nakas, credenza, dan coffe table jangan terlalu besar. Hal ini sangatlah penting mengingat bagaimana pentingnya peran furniture untuk rumah yang luasnya terbatas. Pilihlah furniture yang minimalis dan fungsional. Jika memungkinkan pilihlah furniture yang berkualitas, karena furniture yang berkualitas baik akan membuat masa pakainya lama sehingga rumah tidak penuh dengan ‘bangkai-bangkai’ furniture berbahan MDF dan Partikel Board yang rentan rusak.

Pemilihan Warna dan Wall Decoratif
Tips berikutnya yang harus dilakukan dalam menata rumah type 60 adalah melakukan pemilihan warna dinding yang tepat, karena jika memilih warna yang kurang pas akan membuat ruang tamu menjadi terkesan sempit, kurang harmoni dan menjadi tidak menarik. Beberapa warna yang cocok untuk ruang tamu minimalis type 60 adalah warna yang terang dan berkesan lembut. Seperti warna putih, abu-abu, putih gading, sedikit coklat, biru muda dan hijau muda bisa anda aplikasikan pada ruang-ruang di rumah tipe 60 tersebut. Dan, agar interior dinding semakin cantik, buatlah wall decoratif pada dinding agar dinding menjadi lebih cantik dan bisa diletakkan dengan pernak-pernik yang menarik. Foto-foto keluarga juga bisa ditata pada wall decoratif tersebut sehingga ada unity pada bidang dinding.

Tata Kamar Tidur dengan baik
Tips berikutnya yaitu tentang permak kamar tidur utama yang merupakan bagian penting bagi si pemilik rumah. Oleh sebab itu, kamar tidur harus dibuat se-cozy mungkin agar saat beristirahat bisa merasa nyaman. Pilih ukuran dipan dan bed yang sesuai, lengkapi dengan nakas, lemari pakaian yang memadai, pasang lampu tidur, dinding dilapisi wallpaper, lengkapi juga dengan fasilitas seperti TV, AC, sehingga anda merasa nyaman di kamar.

Penataan Dapur yang Efisien
Sebagian rumah tipe 60 meletakkan dapurnya di dekat teras belakang. Meskipun ukuran dapur terbatas dan berfungsi sebagai ruang makan juga, dapur sebaiknya ditata agar ruang yang sempit bisa terkesan lega dan bersih. Kitchen Pantry dan Meja Makan bisa anda satukan. Storage atau lemari penyimpanan bisa anda buat minimalis saja sehingga tidak memenuhi ruang dapur.

Kamar Mandi
Luas kamar mandi di rumah Tipe 60 biasanya hanya 2 x 2 meter. Idealnya cukup gunakan Closet, bak Air ukuran medium, wastafel mini, dan shower menggantung. Jika memungkinkan, gunakan pembatas kaca untuk area basah dan kering. Buatlah lemari kecil atau dapat juga menggunakan hanging board untuk menyimpan handuk bersih dan perlengkapan mandi pada sisi dinding yang letaknya di dekat pintu. Agar awet, pastikan letak lemari di sisi yang tidak terkena langsung oleh cipratan air.

Teras Depan
Buatlah area super mungil ini jadi lebih hangat agar suasana rumah Anda lebih hidup. Jadi, selain kursi tamu besi yang bentuknya slim, Anda dapat isi teras dengan menempatkan beberapa pot bunga yang cantik. Pilihlah bunga yang berukuran kecil karena daun yang lebar dapat membuat teras  Anda terasa lebih kecil. Taman kecil di luar rumah juga dapat Anda bikin cantik dengan menanam jenis-jenis rumput ini.

nistain-odop-artlinearsitek
Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta
Owner Artline Arsitek
www.artlinearsitek.com

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *