Cara Menambal Bak Mandi Keramik yang Bocor

MENGATASI BOCOR PADA BAK AIR

Kebocoran kecil pada bak air sulit diketahui posisinya, maka jika ingin melakukan perbaikan Anda harus  terlebih dahulu mencari penyebab kebocoran. Lakukan pengetesan dengan mengisi penuh bak air untuk mengetahui letak kebocoran. Jika air berhenti berkurang, maka Anda dapat mencari dan mendapatkan celah bocor di sekitar permukaan.Berikut beberapa cara untuk mengatatasi bak air bocor untuk rumah Anda:

Jika kebocoran terjadi pada kran pembuangan air, kemungkinan drat pada sambungan kran atau klep karet yang terdapat pada ujung tutup kran telah rusak. Gantilah dengan kran baru, atau dengan memasang ulang selotif karet yang khusus untuk kran. Kemungkinan lain disebabkan oleh keran rusak atau pecah sehingga Anda harus mengganti dengan kran baru.

Kebocoran yang sering timbul adalah karena terdapat lubang kecil pada nat keramik. Cara mengatasinya adalah dengan mengisi penuh air pada bak mandi, air yang dimasukkan kedalam bak mandi sebaiknya air yang agak keruh atau berwarna. Kemudian biarkan air tersebut bocor dan menurun sampai pada titik dimana sumber kebocoran itu terjadi. Dengan memasukkan air yang berwarna, maka Anda akan lebih mudah menemukan ‘jejak’ air tersebut mengalir pada sumber bocor. Cara mengatasi kebocoran pada nat keramik adalah dengan mengorek atau melubangi nat keramik lama, membuang nat keramik lama dan menggantikannya dengan nat keramik yang baru. Setelah dipasang nat keramik yang baru, tunggulah 24 jam untuk proses pengeringan nat, setelah itu baru Anda isi dengan air.

Jika kebocoran terjadi akibat kramik pecah sebaiknya diganti dengan keramik baru pada bagian yang pecah saja. Tapi bila hanya retak, Anda dapat menambalnya dengan semen abu-abu dan campurkan dengan lem kemudian sisipkan adonan pada retakan. Gunakan sapu lidi untuk mengisi retakan kecil.

Rembes karena keramik yang ambles bisa terjadi jika campuran adonan semen dan pasir kurang baik pada cor dasar bak air, akibatnya lama kelamaan permukaan keramik ada yang ambles. Muncullah celah yang dapat dilalui air sehingga terjadi rembes. Untuk mengatasinya copotlah keramik tersebut dan tambahkan adonan semen baru untuk membuat permukaan keramik sejajar dengan keramik lain. Isi nat dengan semen putih dan lem.

Apabila bak air yang bocor terbuat dari bahan fiber, maka Anda dapat memperbaikinya dengan cara-cara sebagai berikut: Kuras bak air,  bersihkan dari kotoran dan keringkan. Jika titik kebocoran terlalu kecil, gunakan cutter (pemotong) untuk memperlebar titik bocor agar proses perbaikan lebih mudah. Gunakan lem silikon untuk akuarium. Tempel lem ke tengah lubang dan daerah di sekitar lubang. Tunggu hingga lem benar-benar kering. Potong dan ratakan tonjolan lem menggunakan cutter. Agar tambalan kuat, isi kembali bak air sehari setelah perbaikan.

 

 

nistain-odop-artlinearsitek
Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta
Owner Artline Arsitek
www.artlinearsitek.com

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *