Dapur seharusnya memiliki ruang cukup luas agar aktivitas masak memasak dapat berlangsung nyaman dan menyenangkan. Namun bagaimana bila ukuran dapur Anda kecil / mungil? Sebenarnya Anda dapat mengatur dapur sempit tersebut sedemikian rupa sehingga tampak dan terasa lebih lapang jika Anda tahu cara menata dapur sederhana secara tepat.

Berikut cara yang dapat Anda lakukan agar dapur mungil Anda terasa lebih lega :
1. Atur Perkakas
Hal pertama dan terpenting dalam membuat ruang berukuran mungil menjadi efisien adalah menjaga kerapihan. Pindahkan perkakas dari rak dapur ke lemari-lemari. Tujuannya adalah mengosongkan rak dapur dan membuatnya menjadi lebih rapih. Penyimpanan perkakas di lemari membuat dapur lebih rapi dan lapang. Pilih perkakas dapur Anda yang masih bisa digunakan dan singkirkan perkakas  yang berlebihan, usang, dan tidak tidak digunakan. Selain membuat dapur Anda lebih lapang, Anda juga memiliki banyak ruang kosong yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan perkakas dapur lain yang dibutuhkan.

2. Optimalkan Perkakas Secara Vertikal
Anda harus mengoptimalkan penyimpanan perkakas secara vertikal, bukan horizontal. Anda dapat menggunakan Lemari dinding untuk menempatkan objek-objek yang semula memakan tempat di dapur. Sebisa mungkin tutup semua dinding di atas meja dapur dengan unit-unit lemari dinding, karena Anda tidak memerlukan ruang di dinding tersebut untuk bergerak di dapur, cukup sisakan 50-60cm ruang untuk menyiapkan makanan antara permukaan meja dapur dan dasar lemari dinding. Pilih unit lemari yang menjangkau hingga langit-langit sehingga tidak menyisakan celah antara plafon dan atap lemari.

3. Warna Dinding
Gunakan Cat dinding Anda dengan warna terang. Anda dapat mengatur warna dapur untuk menyiasati ruang agar terkesan luas dengan menggunakan warna netral yang cerah. Misalkan warna lemari dapur cream tembok di belakang lemari diberi warna cat kuning, cat dinding dengan warna putih dan gunakan piring berwarna putih pula. Piring yang menumpuk akan tampak “menghilang” dan membuat dapur terasa lebih rapih, lebih luas.

4. Pemilihan Alat Elektronik
Untuk memaksimalkan ruang pada dapur Anda yang mungil, gunakan alat elektronik yang hanya Anda butuhkan saja, karena alat elektronik memakan tempat yang cukup banyak. Pilih alat eletronik yang kecil dan sesuai dengan luas ruangan, misalnya kulkas dan rice cooker. Pilih kulkas dengan ukuran yang mungil sebagai pemanis dapur mungil Anda.

 

 

nistain-odop-artlinearsitek

Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta
Owner Artline Arsitek
www.artlinearsitek.com

Kategori: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Person Whatsapp Kami