SENI DEKORASI PLAFON

  • by

Seperti kita ketahui bersama, plafon adalah bidang datar/miring dibagian atas pada sebuah ruangan. Plafon disebut juga Dek atau Langit-langit. Fungsi utama plafon adalah untuk membatasi antara ruang atap dan lantai pada bangunan, meredam panas dan untuk mempercantik ruangan. Plafon juga berfungsi sebagai pengaman bagi penghuni dibawahnya dari rembesan air hujan, binatang kecil dan benda-benda yang mungkin jatuh dari atap, yang berpotensi mencederai penghuni dibawahnya.

Ketika hendak menata plafon, alangkah baiknya disesuaikan dengan tema dari rumah/ruangan yang mau Anda ciptakan. Tampilan plafon yang indah dan berkonsep tentunya akan semakin membuat rumah atau kantor Anda menjadi lebih indah. Berikut beberapa jenis plafon dan tips yang bisa Anda terapkan dalam mendekor interior plafon Anda.

Plafon Minimalis

Plafon dengan bentuk minimalis umumnya berbentuk datar saja, kotak-kotak, tanpa permainan dan asesoris. Plafon minimalis lebih banyak digunakan pada kantor-kantor, bangunan publik dan rumah pribadi. Agar plafon minimalis terkesan indah dan menawan, sebaiknya Anda kombinasikan dengan bentuk-bentuk tertentu seperti kombinasi kotak, lis minimalis, bertingkat atau drop-up dan penggunaan pencahayaan ceiling. Penambahan penataan lampu bias dan lampu sorot akan membuat suasana dan tampilan plafon menjadi lebih indah dan dramatis.

Plafon Klasik

Klasik adalah sebuah tema dimana gaya bangunan kembali kepada masa old style, sebuah unsur arsitektur purnarupa yang sampai sekarang masih digemari dan dianggap long lasting. Bentuk dari plafon klasik biasanya penuh dengan dekorasi motif-motif klasik, permainan moding dari bahan gypsum nan indah dengan motif-motif bunga menjadikan plafon klasik sebagai sebuah karya yang kaya nilai seni. Plafon klasik bukan hanya sekedar berfungsi penahan panas, hujan, bahaya dari atas, namun lebih banyak unsur keindahan dan prestise bagi si pemilik bangunan. Plafon klasik akan lebih cantik-mewah jika dikombinasikan dengan warna cat yang balance, tata lampu klasik, juga furnitur di dalam rumah yang klasik elegan. Penerapan plafon klasik lebih banyak dipasang pada rumah-rumah mewah, museum dan bangunan yang mengandung nilai sejarah.

Plafon Cekung dengan Berbagai Pilihan Bentuk

Jika Anda tidak menyukai desain yang sederhana, Anda bisa membuat konsep plafon gypsum rumah minimalis dengan desain cekung. Ada beberapa pilihan bentuk cekungan yang bisa Anda buat. Misalnya adalah berbentuk bulat, kotak, persegi panjang, segi enam, ataupun bentuk-bentuk lain sesuai dengan selera Anda. Tetapi, itu juga harus menyesuaikan dengan luas ruangan atau rumah yang Anda tempati.

Plafon dengan Desain Menonjol

Sebaliknya, Anda juga bisa memasang gypsum dengan desain menonjol. Desain ini cocok untuk rumah Anda yang terlihat tinggi. Sama seperti plafon lengkung atau cekung, Anda bisa memilih bentuk sesuai dengan keinginan Anda. Kotak adalah bentuk yang paling sering dan umum dengan variasi persegi panjang. Tetapi, bundar akan terlihat lebih modern dan menarik. Anda juga bisa memilih bentuk bentuk lain yang sesuai dengan bentuk ruangan atau rumah Anda.

Plafon Miring Mengikuti Bentuk Atap

Anda juga dapat menggunakan desain plafon  miring. Desain plafon miring baik untuk sirkulasi udara dalam ruangan. Hal ini dapat membuat ruangan terasa lebih nyaman dan tidak terasa sesak. Selain itu, desain plafon yang miring juga memungkinkan sinar matahari untuk dapat menyinari area lebih banyak pada bagian dalam ruangan. Dengan banyaknya sinar matahari yang masuk, maka Anda akan menghemat energi untuk pencahayaan maupun pemanas ruangan. Ada banyak cara untuk mengaplikasikan desain plafon miring. Misalnya, Anda dapat membuat ruangan dengan area lantai yang lebih luas dan terbuka. Desain ini dapat membuat ruangan Anda terlihat lebih dalam, indah dan tenang. Anda akan mendapatkan kesan indah saat sinar matahari menembus masuk ke dalam ruangan melalui jendela pada dinding plafon.

 

nistain-odop-artlinearsitek

Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis –
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *