Dalam menata taman, biasanya anda akan terfokus pada halaman depan, halaman belakang dan luas area terbuka pada lahan bangunan anda yang belum atau sengaja tidak anda bangun. Jika area tanah Anda luas, tentu saja lebih mudah bagi Anda untuk membuat taman, namun bagaimana jika lahan Anda sempit? Pastilah akan sulit untuk menatanya.

       Khususnya jika area tanah anda sempit dah lebih banyak dibangun untuk areal hunian, maka solusi yang baik adalah dengan membuat taman minimalis. Bagaimanakah taman minimalis itu? Taman minimalis adalah areal kosong yang ditata sedemikian rupa dengan memanfaatkan lahan yang sempit dijadikan sebagai taman kecil. Taman minimalis merupakan sebuah tema karena pemilihan material, jenis pepohonan yang dipilih dan bentuk desain yang simpel dan moderen. Nah, bagaimana memulai menata taman minimalis?

Pertama; buat sketsa desain atau referensi

Agar taman anda tertata dengan baik, buatlah sketsa seperti apa bentuk taman yang anda inginkan. Jika tidak bisa membuat sketsa, maka carilah referensi taman di internet, majalah atau buku. Dengan referensi yang anda dapatkan maka anda akan lebih mudah mengarahkan tukang taman untuk membuatnya.

Kedua; Pilih material dan tanaman hias yang sesuai tema

Pada taman minimalis, biasanya akan ada unsur-unsur batu alam, batu koral, batu candi, lampu hias, rumput, bambu Jepang, palm raja, dan bahkan kolam ikan hias. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai taman minimalis ini.

Memasang Batu Alam Sebagai Dinding Taman
Taman yang cantik akan semakin indah dipandang ketika ada batu alam yang dipasang sebagai dindingnya. Anda bisa memasang batu alam dengan mengkombinasikan air terjun buatan sehingga dapat menambah kesan yang alami pada desain taman rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat ornament pada dinding batu alam tersebut. Batu Alam yang digunakan biasanya yang berbentuk kotak-kotak, garis-garis horizontal sehingga terlihat lebih rapih. Batu alam tersedia dalam berbagai macam warna seperti hitam, putih abstrak, dan lainnya. Supaya warna batu alam lebih tajam, anda juga bisa mengecat batu alam menggunakan cat khusus batu alam yang saat ini sudah tersedia di berbagai toko bahan bangunan.

Taman Air Mancur
Anda juga bisa membuat taman air mancur pada taman minimalis. Posisi yang baik untuk air mancur adalah pada dinding, yang mana biasanya air mancur tersebut akan mengalir kedalam kolam ikan hias. Pada saat tertentu air mancur ini akan memberikan kesan seperti sedang di alam terbuka dengan gemericik air terjun, sehingga suasana di rumah anda semakin nyaman.

Membuat Jalan Setapak
Anda juga bisa membuat sebuah jalan setapak di sekitar taman rumah dengan menggunakan batu alam. Jalan setapak ini bisa berupa batu alam yang polos atau bisa juga menggunakan batu koral yang biasa digunakan untuk pijat refleksi telapak kaki. Sehingga fungsi jalan setapak ini untuk memijat bagian telapak kaki anda sambil menikmati pemandangan taman rumah.

Untuk Dinding Teras Taman
Jika anda memiliki taman rumah yang cukup luas biasanya juga dilengkapi dengan terasnya, maka anda bisa menambahkan batu alam pada dinding teras taman tersebut. Fungsi dari batu alam pada teras taman ini juga bisa menambah kesejukkan dan kenyamanan ketika anda duduk di teras.

Kolam Ikan Hias
Sebuah taman akan semakin indah jika ada unsur air dan kehidupan didalam air tersebut. Untuk itu, buatlah taman kolam ikan hias. Dengan ikan hias maka taman anda akan semakin cantik karena keberadaan ikan-ikan yang hilir mudik didalam kolam tersebut memberikan kesan taman tersebut hidup.

 

nistain-odop-artlinearsitek

Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis –
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta
MENATA TAMAN MINIMALIS DI LAHAN SEMPIT

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Whatsapp Kami