Mendesain sebuah kitchen set yang baik, tentu tidak hanya memperhatikan bentuk umum dari kitchen set saja, melainkan juga faktor kebutuhan dan perlengkapan didalamnya yang harus diakomodir. Semua piranti pendukung seperti kompor, kulkas, oven, microwave, dan lainnya, sudah harus direncanakan dengan baik sehingga desain dan tata letak kitchen set memenuhi unsur pemenuhan kebutuhan pengguna, kenyamanan dan keindahan. Beberapa hal di bawah ini merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam merencanakan sebuah kitchen set.

Model dan Tema Kitchen Set
Langkah pertama yang harus kita persiapkan untuk mendesain kitchen set adalah model seperti apakah kitchen set yang kita idamkan, mdel dari kitchen set harus disesuaikan dengan bentuk ruangan didalam rumah atau dapur anda. Banyak jenis dan model kitchen set yang bisa dijadikan referensi, tim Artline Arsitek juga memiliki banyak desain yang bisa anda jadikan referensi. Anda bisa mengunjungi website kami di www.artlinearsitek.com atau berkonsultasi dengan kami secara gratis. Pada umunya ada beberapa bentuk dari kitchen set yaitu berbentuk L, bentuk U atau pun bentuk I. Sementara tema dari kitchen set bisa Klasik, Natural, Moderen dan Minimalis.

Setelah menemukan ide model dan tema desain kitchen set, berikutnya adalah merencanakan peralatan dan perlengkapan apa saja yang akan kita masukkan kedalam kitchen set tersebut. Beberapa peralatan yang masuk didalam perlengkapan kitchen set adalah kompor, kitchen sink, penghisap udara / exausfan, tabung gas, pipa air bersih dan kotor, cooker hood, jaringan listrik, bahkan mungkin Lemari ES juga mau Anda gabungkan dengan kitchen set tersebut.

Dimensi dan Fungsi Kitchen Set
Sebuah kitchen set tentulah harus dirancang sesuai dengan kebutuhan dan dimensi ruang. Secara teoritis, kita bisa merujuk pada data arsitek mengenai ruang gerak dan aktivitas manusia didalamnya. Dengan mengakomodir dimensi ruang dan memaksimalkan fungsi ruang, maka akan dihasilkan area kitchen set yang nyaman. Dimensi kitchen set yang standar adalah Tinggi Top Table 60-80cm, lebar top table 60-80cm, kitchen atas 40-50cm dengan tinggi 45-70cm. Tentu saja ukuran tersebut merupakan ukuran standar yang bisa berubah sesuai kebutuhan. Walaupun fungsi utama dari kitchen set sebagai area memasak, area menyajikan, dan area penyimpanan kebutuhan dapur bersih, tetapi fleksibilitasnya juga harus dipertimbangkan karena begitu banyak fungsi dalam satu set perangkat pantry ini.

Bahan dan material
Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis dan bahan yang akan kita gunakan dalam mendesain kitchen set. Tentu semakin baik dan mahal bahan material semakin berkualitas juga kitchen set Anda, ada rupa tentu ada harga. Saat ini, kebanyakan bahan yang digunakan untuk kitchen set adalah dari bahan multiplex 12mm dan 15mm, Plywood, HPL atau Sheet, Granit, Keramik anti gores, dan Beton.

Desain dan warna
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pemilihan kitchen set juga harus serasi secara desain dan warna dengan keadaan ruang. Akan terkesan aneh jika kitchen set yang dipilih rustic sedangkan konsep ruangan bernuansa antik, kecuali jika memang Anda menginginkan tampilan yang demikian. Keselarasan kitchen set dengan tema ruangan akan menciptakan harmonisasi dengan sendirinya. Oleh karena itu, desain dan warna dari kitchen set untuk mempercantik kitchen set harus oke.

Top table / counter top
Top table merupakan bagian dari kitchen set yang berfungsi  sebagai meja kerja sebagai tempat sebelum masakan diolah dengan kompor. Material top table haruslah kuat, anti gores, tahan panas, dan air, serta mudah dibersihkan. Biasanya terbuat dari batu alam granite, marmer ataupun bila dana terbatas bisa menggunakan keramik anti gores dengan ukuran 60×60.

Piranti Pendukung
Untuk menciptakan kitchen set cantik, ada beberapa kriteria penting yang perlu diperhatikan, antara lain; Bersih. Kebersihan merupakan kriteria penting yang harus ada dalam kitchen set supaya kitchen set anda terkesan bersih dan sehat. Piranti berikutnya adalah Dekoratif. Dekorasi kitchen set dengan aksesoris yang manis dapat mempercantik ruang masak Anda. Sirkulasi dan pencahayaan yang baik juga merupakan piranti untuk memperlengkap kenyamanan dan keindahan kitchen set anda. Kitchen set yang cantik membutuhkan sirkulasi udara yang memadai dan tata cahaya yang pas supaya suasana memasak semakin nyaman dan tidak sumpek. Ada baiknya juga Anda memisahkan ruang peralatan berdasarkan intensitas pemakaiannya. Sediakan laci atau tempat terjangkau untuk meletakkan peralatan yang sering digunakan, supaya Anda tidak kerepotan saat hendak menggunakannya. Untuk peralatan-peralatan yang jarang digunakan lebih baik ditempatkan di area terpisah sehingga tidak mengganggu mobilitas Anda selama berada di area kitchen set. Demikian yang bisa kami bagi kali ini, kiranya bermanfaat dan selamat bersenang-senang didapur dan selamat berakhir pekan.

 

 

nistain-odop-artlinearsitek

Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis –
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta

BAGAIMANA MERENCANAKAN KITCHEN SET YANG TEPAT?

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Whatsapp Kami