TAHUN BARU NUANSA RUMAH BARU

  • by

Bagaimana dengan rencana tahun baru Anda? Tahun baru merupakan momen tepat untuk menciptakan suasana baru di dalam hunian Anda, entah itu dari penampilan eksterior ataupun interior bangunan, yang pasti sambutlah tahun 2017 dengan tampilan hunian yang lebih fresh.

Lakukan Renovasi Ringan

Renovasi bangunan tidak perlu mahal, sesuaikan saja dengan budget Anda. Bagian mana saja yang perlu anda renovasi?

Tampilan bangunan
Lakukan renovasi ringan pada bagian depan bangunan Anda, misalnya dengan membuat kanopi baru, melakukan pengecatan baru pada depan bangunan, membuat bangunan menjadi minimalis dengan sedikit perubahan fasad, atau menata balkon dengan tampilan baru. Merenovasi bagian depan bangunan juga bisa hanya melakukan pengecatan ulang pada dinding, pintu dan jendela. Untuk pengecatan ruang luar, pilihlah warna dan jenis cat yang khusus untuk luar ruangan, dengan jenis cat tertentu maka bangunan akan lebih indah dan daya tahan cat akan lebih lama. Kemudian tambahkan juga dengan melapisi dinding atau kolom dengan batu alam. Jika dinding atau kolom sudah Anda pasang dengan batu alam, Anda masih bisa mempercantiknya dengan memberikan sentuhan lampu taman pada kolom atau dinding sehingga tampilan bangunan menjadi lebih indah dimalam hari. Namun, andai kata budget yang Anda sediakan cukup besar, buatlah tampilan baru pada bangunan  dengan melakukan redesign. Kontak arsitek yang Anda kenal dan mintalah pendapatnya untuk desain tampilan depan hunian Anda. Setelah desain tampilan depan bangunan jadi, carilah tenaga tukang yang berpengalaman untuk mengerjakan bangunan Anda tersebut.

Cat Ruang atau Pasang Wallpaper
Tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan pengecatan ulang pada beberapa bidang dinding. Anda bisa fokuskan pengecatan pada dinding ruang tamu dan ruang keluarga saja agar biayanya lebih terjangkau. Dan tidak perlu seluruh bidang dinding pada ruang tamu dan ruang keluarga Anda cat ulang karena tentu biayanya akan lebih besar, tetapi cukup dengan melakukan pengecatan ulang pada beberapa sisi dinding saja, maka akan didapatkan suasana berbeda pada ruangan tersebut. Bisa juga Anda pasang wallpaper pada satu atau dua bidang ruang. Dengan wallpaper maka dinding akan terlihat lebih indah dibandingkan hanya dengan cat.

Tata Furniture, Karpet hingga Gorden
Untuk mendapatkan nuansa baru dengan angggaran terbatas berikutnya adalah mengganti satu atau dua furniture lama dengan yang baru. Dengan furniture baru, suasana rumah Anda akan semakin semarak, semakin indah dan akan mendorong Anda untuk bekerja lebih keras di tahun 2017. Jika dana yang disediakan amat terbatas dan Anda berniat untuk mendapatkan suasana furniture baru, lakukanlah repair dengan mengganti cat, mengganti kulit jok sofa, atau dengan membeli perabot kecil yang menarik dan memindahkan perabot usang ke ruangan lain. Furniture yang sudah lama Anda pakai biasanya meninggalkan kerusakan dibeberapa sudut. Anda punya pilihan untuk memperbaiki ataupun menggantinya dengan yang baru. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan proses daur ulang yang pastinya memakan waktu, maka pilihan untuk mengganti furniture dengan yang baru adalah pilihan tepat. Namun sebelum Anda memutuskan membeli furniture baru perhatikanlah konsep rumah yang Anda pakai dan juga kesesuaiannya dengan luasan ruangan yang hendak Anda gunakan. Jangan sampai furniture yang Anda pilih untuk mendekorasi rumah justru merusak dekorasi yang ada dan juga membuat rumah terasa sempit. Anda pun bisa merubah letak/susunan furniture. Misalnya merubah susunan sofa yang ada atau menambah unsur baru pada sofa set seperti single seater sofa sebagai aksen dan penambahan meja nakas pada sudut ruangan. Menambah elemen tertentu pada furnitur seperti penambahan pita pada sofa dan kursi sebagai aksen. Mengganti pernak-pernik pengisi ruangan seperti lukisan, vas bunga, asbak dan pernak-pernik kecil di atas meja.

Pemilihan karpet yang tepat dan sesuai ini sangatlah penting, terlebih lagi untuk design interior ruang keluarga yang merupakan salah satu ruangan sintral bagi pemilik rumah, pasti saja pemilihan karpetnya pun bukanlah hal yang sepele. Mengapa? Sebab faktor kenyamanan keluarga Anda dipertaruhkan di sini.  Untuk ruangan keluarga yang kemungkinan besar akan ditempati sebagai mobilitas yang tinggi, maka ada baiknya Anda pakai karpet dengan jenis berber. Karpet jenis berber seperti ini terbuat dari bahan yang cukup kuat, tebal, dan juga serta permukaannya yang stabil, alias tidak mudah mengkerut. Hal ini dikarenakan karpet ini terbuat dengan simpulan-simpulan yang cukup rumit, akan tetapi lebih fleksibel, karpet jenis berber seperti ini tidak mudah menampakkan jejak kaki, noda, atau pun bentukan bekas vacuum cleaner.

Mengganti kain gorden jendela, kain pelapis sofa, kain punggung kursi, bantal kursi, taplak meja dan sebagainya adalah cara lain dalam menyiasati tampilan interior hunian supaya lebih menarik namun tetap dengan biaya yang relatif kecil.

Menata Taman Kecil
Tatalah taman kecil pada hunian Anda, belilah beberapa pohon hias seperti Bunga Kamboja, Lidah Mertua, Anggrek, Palm, Silok, Cemara, Bambu Jepang, Pucuk Merah, Kembang Sepatu, dan lainnya. Anda bisa juga membuat taman kecil dengan batu alam, air mancur, dan bahkan kolam hias mini. Percantik juga dengan lampu-lampu taman yang menyorot ke arah pohon hias atau air mancur sehingga suasana dramatis tropis akan muncul. Tata taman kecil tersebut di depan rumah anda, berdekatan dengan carport, atau bisa juga anda tata pada ruang keluarga sebagai taman kering.

Dengan beberapa tips diatas, kami berharap nuansa hunian Anda akan lebih semarak sebagai pembawa semangat, pembawa rezeki dan tentu pembawa kesehatan-kebahagiaan di tahun 2017. Selamat tahun baru 2017, selamat memiliki nuansa hunian baru.

 

nistain-odop-artlinearsitek

Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis –
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *