Indah, moderen, konseptual dan bahkan mewah atau tidaknya sebuah rumah biasanya dinilai dari beberapa aspek, seperti konsep bangunan, luas, lokasi, desain dan material yang digunakan. Umumnya, rumah yang indah, moderen dan mewah adalah rumah yang memiliki properti berkualitas tinggi, dicat dengan pilihan warna yang menarik, dan memiliki ukuran yang luas. Nah, dari sekian banyak unsur arsitektur dan material pada rumah, salah satu unsur yang turut menyumbang kemewahan adalah lantai. Berikut tips memilih lantai kramik untuk rumah anda:

Fungsi Ruang
Dalam memilih dan mengaplikasikan jenis keramik, ada baiknya anda memperhitungkan fungsi ruangnya. Hal ini menjadi sangat penting karena masing-masing ruang akan membutuhkan jenis dan tekstur keramik yang berbeda. Apabila anda salah dalam memilih keramik, maka akan menjadi lucu, aneh dan tidak terkonsep. Misalnya keramik lantai untuk kamar mandi anda pasang diruang tamu, maka akan terkesan lucu dan ‘nyeleneh’.

Masing-masing ruang membutuhkan jenis keramik tertentu. Ruang tamu dan ruang keluarga membutuhkan jenis keramik yang formal, bersih dan terkesan mewah. Anda pun bisa memasang jenis granit atau keramik anti gores pada ruang-ruang ini. Pada ruang servis seperti dapur dan kamar mandi, anda harus memasang keramik dengan tekstur kasar. Mengapa demikian? Karena dapur dan kamar mandi biasanya merupakan area basah sehingga lantai keramik akan licin dan bisa menyebabkan penghuni rumah tergelincir dan jatuh. Sedangkan untuk area teras dan tangga pilihlah keramik yang bertekstur agak kasar, anti gores dan berukuran cukup besar. Anda juga bisa memberikan sentuhan pola tertentu pada saat memasang keramik, karena bisa mempercantik ruangan.

Perhatikan Warna Lantai
Warna menjadi faktor paling penting dalam pemilihan lantai untuk rumah anda. Jika warna lantai yang Anda pilih terlalu gelap padahal rumah Anda berukuran kecil minimalis, maka hal ini dapat membuat tampilan interior rumah Anda terkesan sesak dan tidak nyaman. Pemilihan warna keramik akan mempengaruhi sifat psikologis manusia. Keramik warna gelap cenderung memberikan kesan misterius dan sempit, sementara warna cream atau putih lebih memberikan kesan tenang, luas dan lapang. Untuk area tertentu seperti taman kering, dapur dan balkon, anda bisa memilih warna-warna yang natural dan bertekstur.

Perhatikan motif keramik
Dalam memilih keramik maka tentukan Pilihan dasar terlebih dahulu, yaitu keramik bermotif atau keramik yang polos. Sekarang ada banyak keramik dengan motif yang stylish, moderen, sehingga sekilas terlihat seperti keramik polos namun mewah. Pilihan dasar akan menentukan lantai rumah seperti apa yang akan anda buat. Selain itu pilihan motif yang sesuai juga dapat menciptakan nilai estetika pada rumah yang anda huni. Jadi, keindahan dan kesesuaian di dalam rumah bisa diwujudkan dengan pilihan keramik yang baik.

Menentukan Ukuran Keramik
Terkadang kita bingung dalam menentukan ukuran keramik yang akan dipasang. Tentulah karena hal ini terkait beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan. Pertama adalah kelas dari bangunan, apakah rumah sederhana, menengah atau mewah. Rumah kecil, rumah sedang atau rumah besar. Dan, apakah komposisi atau ukuran ruang didalam rumah anda besar atau kecil. Jika rumah anda katakanlah memiliki ukuran diatas 200 meter persegi dengan ruang-ruang cukup besar, maka akan sangat maching kalau anda gunakan keramik ukuran 60cm x 60cm anti gores. Jika rumah anda berukuran dibawah 100 meter persegi, maka keramik berukuran 40cm x 40cm juga cukup baik. Sebaliknya jika rumah anda adalah rumah mewah, maka gunakanlah granit dengan ukuran diatas 80cm x 80cm, hal ini akan membuat rumah anda terkesan semakin mewah.

Aplikasi Pemasangan Keramik
Yang tak kalah penting juga adalah teknis pemasangan yang dilakukan oleh tukang. Banyak tukang yang belum paham bahwa dalam memasang keramik dibutuhkan keahlian tersendiri agar hasilnya bagus. Gunakanlah waterpass, benang patokan untuk menentukan tingkat kerataan dan kelurusan pemasangan keramik. Pemasangan adukan keramik tidak boleh kosong, jika kosong maka keramik akan mudah pecah. Jarak nat keramik juga harus rapi, lurus dan difinishing dengan warna nat yang sesuai warna keramik. Perhatikan juga pola nat keramik, biasanya bukaan pintu menjadi acuan umum untuk memandu pemasangan keramik, bukaan pintu juga bisa menjadi ‘as’ dalam pemasangan keramik lantai.

Pilihlah “Suku Cadang” yang Mudah Didapat
Kadang kala kita sudah jatuh hati pada satu motif dan ukuran keramik, namun yang lupa kita pertimbangkan adalah stok atau persediaan keramik tersebut di toko pada sebuah kota. Kenapa stok keramik juga harus anda pertimbangkan? Karena jika anda akan membongkar atau merenovasi lantai dikemudian hari, stok keramik yang anda beli masih mudah anda dapatkan.

 

nistain-odop-artlinearsitek

Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta
www.artlinearsitek.com

Kategori: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Person Whatsapp Kami