DEKORASI RUANG TAMU BERNUANSA NATAL

  • by

“Jingle Bell.. Jingle Bell.. Jingle All The Way..”, lagu khas Natal tersebut tentu sudah tak asing lagi di telinga Anda terutama bagi umat Kristiani. Jika sering mendengar lagu tersebut belakangan ini, itu tandanya hari raya Natal segera tiba. Hari yang jatuh tepat setiap tanggal 25 Desember setiap tahun tersebut selalu disambut dengan sukacita oleh umat Kristiani di seluruh dunia.

Bagi mereka yang merayakan Natal, tentunya sedang bersiap-siap menyambut banyak tamu yang akan berkunjung ke rumah, baik itu keluarga besar yang sengaja datang dari jauh, kolega bisnis, kantor atau pun tetangga di sebelah rumah. Merayakan hari raya secara bersama-sama akan lebih terasa menyenangkan. Di Indonesia sendiri budaya silaturahmi dan saling mengucapkan perayaan keagamaan merupakan ciri khusus yang sudah membudaya semejak zaman dahulu. Agar tampilan rumah atau interior Anda meriah pada saat perayaan Natal, Anda harus sudah bersiap-siap mendekorasi rumah Anda semeriah mungkin. Buat tamu terkesan dengan penampilan rumah Anda. Nah, inspirasi dekorasi modern bertema Natal ini patut untuk dicoba.

Warna
Untuk menciptakan nuansa Natal, ada baiknya Anda memadukan beberapa warna yang selalu menjadi ciri khas. Merah dan hijau adalah kombinasi warna yang pas utk perayaan Natal.
Warna hijau selalu ada dari pohon Natal sebagai simbol daun dan pohon pinus. Sementara merah bisa dimunculkan dari hiasan pita dan pernak pernik. Perpaduan ini dpt diaplikasikan pula pada taplak meja beserta bantal dan sofanya. Paduan dua warna itu mampu memunculkan suasana yang meriah dan “hidup”.

Untuk mendatangkan nuansa yang berbeda pada ruang tamu saat hari Natal, Anda dpt mengubah penataannya melalui permainan warna. Intinya adalah bahwa harus ada permainan warna yang mencirikan nuansa Natal. Warna putih dan kuning juga bisa anda kombinasikan, karena warna ini selalu diidentikkan dengan salju yang turun saat malam Natal. Warna kuning sebagai simbol-simbol keemasan, kebahagiaan dan kesejahteraan untuk menyambut tahun berikutnya. Sebagai kombinasi lanjutan, Anda boleh melengkapinya dengan pernak-pernik seperti bunga atau lonceng berwarna perak. Perpaduan perak dengan biru yang memberi kesan dingin.

Wall Decor

Buatlah beberapa wall decoratif pada dinding Anda, agar tampilan interior ruang tamu Anda semakin cantik. Wall decor tidak harus mahal dan berbidang luas, wall decor bisa Anda buat pada sisi tertentu saja agar pengerjaan dan budgetnya ringan. Ambalan-ambalan berupa rak kecil bisa juga anda pasang untuk meletakkan foto, pernak pernik, bunga atau botol-botol hias.

Furniture

Beli atau buatlah furniture baru untuk menambah keindahan ruang tamu anda, furniture ini bisa berupa buffet tempat minuman, credenza mungil, atau nakas. Tidak perlu mengganti sofa atau meja tamu karena biayanya mungkin akan besar, cukup dengan mengganti taplak meja atau bantal sofa baru maka suasana ruang tamu akan semakin indah.

Pohon Natal
Pohon Natal merupakan elemen penting untuk ruang tamu Anda. Karena ruangan tersebut menjadi pusat tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, sanak saudara, dan teman, pohon Natal di ruang ini biasanya dekorasinya lebih lengkap dan “ramai”. Tapi jangan terpaku dengan desain pohon Natal yang itu-itu saja. Bila ingin lebih unik, buatlah pohon Natal gaya Anda sendiri. Anda bisa saja membuat pohon Natal yang beda dari yang lain, misalnya ranting-ranting kering yang digantungi pernik unik. Anda pun dapat menambahkan hiasan dan pernak-pernik yang berkilau atau boneka-boneka kayu kecil sehingga tampil lebih menarik.

Cahaya
Permainan cahaya yang dramatis juga bisa membuat nuansa Natal di rumah Anda semakin berkesan. Pasanglah lampu natal pada pohon Natal Anda, atau Anda bisa juga memasang lilin. Untuk lilin, sebaiknya pilih warna lilin yang sesuai dengan tema ruangan. Gunakan pencahayaan yang hangat untuk memberikan kesan ramah. Anda juga dapat memasang lampu indirect dan spotlight pada bagian rumah yang ingin dijadikan focal point, misalnya pada foto keluarga dan pada pohon Natal.

Lagu dan Kado
Putarlah lagu-lagu Natal di rumah Anda, agar suasana Natal ini semakin semarak. Pasang speaker pada sudut ruang tamu anda. Volume lagu-lagu tidak harus besar, Anda hanya perlu mendapatkan suasana Natal dari lagu-lagu tersebut saja, kalau volume besar maka akan mengganggu tetangga lain yang mungkin tidak merayakan Natal. Bungkuskan kado Natal dan dikemas dengan unik. Kado-kado ini bisa anda berikan kepada anak-anak kecil yang berkunjung kerumah Anda. Tatalah bungkusan kado di bawah pohon Natal, atau dijejer di atas meja credenza. Di antara kado, selipkan bunga atau boneka-boneka lucu yang sudah didandani baju ala Sinterklas.

nistain-odop-artlinearsitek

Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis
Lulusan AT YKPN dan UniversitasTeknologi Yogyakarta
www.artlinearsitek.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *