Dalam arti umum, rumah adalah bangunan buatan manusia yang dijadikan tempat tinggal selama periode waktu tertentu. Rumah menjadi sebuah kebutuhan penting dalam hidup manusia, rumah masuk dalam sebuah lingkar kebutuhan pokok yang setiap insan harus memilikinya.

Sebagai salah satu kebutuhan primer bagi hidup manusia, rumah amat berperan penting dalam keberlangsungan hidup seseorang dan keluarganya. Rumah tidak lagi hanya sekedar tempat berlindung, namun sudah merupakan bagian hidup yang mencakup banyak kebutuhan dan pengaruh.

Seiring berjalannya waktu, rumah berkembang menjadi sebuah identitas bagi pemiliknya. Rumah yang awalnya untuk tempat berlindung dari panas, hujan dan binatang buas, berkembang manfaat menjadi cerminan jati diri, karakter, dan status sosial sang pemilik. Rumah di masa kini menjadi gambaran dan nilai hidup yang menunjukkan keberadaan dan kelas seseorang.

Dalam membangun Rumah yang Ideal biasanya memiliki beberapa hal seperti di bawah ini:

  1. Fungsional
    Rumah harus memenuhi unsur utama yakni berfungsi sebagai tempat tinggal manusia. Rumah harus mampu mengayomi penghuninya dari panas, hujan dan pengaruh luar yang bisa mengancam keselamatan dan kenyamanan penghuni. Fungsi utama rumah tentu saja sebagai tempat berlindung, karenanya rumah harus memenuhi unsur ini. Jika secara fungsional rumah tidak mampu difungsikan dengan baik, maka syarat utama sebagai tempat tinggal telah gagal dicapainya.
  2. Indah
    Rumah yang indah akan membuat si pemilik merasa betah tinggal di dalamnya. Rumah indah tidak berarti harus mahal dan berbiaya tinggi. Rumah indah bisa dalam bentuk fisik bangunan dan juga bisa dalam bentuk non fisik seperti keindahan dan kebahagiaan dalam lingkungan pemiliknya. Rumah indah secara fisik tentu saja tampilan bangunan itu sendiri, baik dari segi desainnya, tema yang dipilih, trend, detail arsitektur, pewarnaan, penataan ruangan, besarnya bangunan, hingga pemilihan bahan dan teknologi yang ada di dalamnya. Indah mencakup banyak faktor, selain sudut pandang visual seperti yang dijelaskan di atas, keindahan juga berarti kenyamanan secara fisik dan mental. Rumah indah juga bisa hadir dalam dimensi lain yakni karena keindahan dari keluarga penghuninya. Jika kedua unsur ini bisa dipenuhi dalam rumah, maka rumah itu benar-benar indah. Banyak kasus terbalik yang terjadi di masa kini terjadi, rumah indah secara fisik namun buruk secara non fisik. Sebaliknya juga banyak rumah yang secara visual kecil dan tidak indah namun didalamnya dipenuhi dengan kebahagiaan dan cinta dari keluarga si pemilik.
  3. Kuat dan Aman
    Rumah harus kuat dan aman sehingga mampu memberi rasa nyaman dan mampu melindungi pemilik dari marabahaya luar. Apalagi di negara kita dimana gempa bumi dan faktor alam bisa membuat rumah rusak bahkan hancur, faktor kekuatan dan keamanannya amat diperlukan. Rumah yang kuat akan mampu melindungi dari kehancuran seperti akibat bencana alam. Rumah juga akan memberikan keamanan pada para penghuninya dari bahaya lain termasuk pencurian dan penyakit negatif masyarakat.
  4. Kokoh Strukturnya
    Nah, sebagai tempat tinggal yang setiap saat didiami, tentu saja rumah tersebut secara struktural harus kuat dan memberi keamanan pada pemiliknya. Rumah harus mampu berdiri kokoh sampai waktu yang tidak ditentukan. Konstruksinya harus mampu menopang seluruh elemen bangunan, kuat terhadap beban bangunan itu sendiri maupun beban yang ditimpakan kepadanya. Bangunan harus kokoh dalam mendukung seluruh kegiatan si penghuni dan, sangat baik jika kekuatan bangunan tersebut mampu mendukung jika akan ditumbuhkan lagi di masa yang akan datang. Struktur berperan penting agar rumah mampu berdiri kokoh dan menjamin rasa aman. Biasanya struktur sebuah bangunan sudah diatur oleh pemerintah setempat sebagai sebuah standar pelaksanaan pekerjaan dan pembangunan bangunan. Sistem struktur mulai dari pondasi hingga atap harus mempertimbangkan banyak faktor.
  5. Nyaman Ditempati
    Banyak yang bertanya, apa bedanya antara rumah yang nyaman dan indah? Sekilas pandang mungkin pemikiran kita berada pada dimensi yang sama ketika harus mencari pemahaman mengenai dua hal ini, namun penulis ingin berbagi pengertian dan pemahaman kepada anda. Rumah yang nyaman tidak sekedar indah dan megah, namun lebih kepada perasaan kita ketika berada di dalamnya. Iklim dan keseimbangan yang tercipta di dalam rumah haruslah serasi. Iklim itu bisa muncul dari factor alam seperti panas, dingin, udara, dan lain sebagainya. Namun faktor alami ini bisa diatasi dengan hadirnya teknologi ke dalam rumah. Iklim dalam keluarga seperti hubungan, kekerabatan, cinta, kebahagiaan juga bisa menciptakan rasa nyaman bagi penghuni rumah. Dua iklim ini akan membuat rumah terasa nyaman. Apakah ketika berada di dalam kita akan merasakan sejuk, panas, dingin, gersang, bau apek, dan lain sebagainya? Rumah yang nyaman akan membuat Anda betah didalamnya, merasa bahwa salah satu tujuan hidup anda tercapai pada rumah tersebut. Terasa sejuk, asri, membuat anda merasa di tempat yang tepat. Betah berada berlama-lama. Mampu memberi anda inspirasi lebih ketika berada di dalam. Rumah yang nyaman mampu memberikan semua kebutuhan akan faktor-faktor penting bagi penghuninya.
  6. Ekonomis
    Mengutip tulisan Tim Griya Kreasi, rumah juga harus ekonomis. Artinya, rumah harus memiliki ruang yang proporsional dengan bahan bangunan yang tahan dalam waktu lama. Hemat, rumah yang bernilai ekonomis juga sesuai dengan kemampuan kita dalam membangunnya, dalam hal ini penyesuaian dengan kantong kita pada saat membangun. Tentu saja hal ini bisa disiasati dengan beberapa tips, bisa ukuran rumah yang disesuaikan dengan kebutuhan, bisa pemilihan bahan bangunannya, bisa juga modelnya yang sederhana. Merujuk pada pengertian di atas tadi, kebutuhan rumah menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Pemerintah juga mendorong sektor perumahan untuk tumbuh, agar kebutuhan tempat tinggal ini terpenuhi bagi seluruh warga Negaranya. Namun tentu saja tidak sedikit orang yang bingung ketika hendak membangun rumah. Rasanya, begitu banyak hal yang bertumpuk memenuhi isi kepala. Mulai dari persoalan dana yang pas-pasan, lokasi yang diincar, bentuk bangunan yang sesuai dengan keinginan, bahkan sampai detail rumah yang diharapkan menjadi sebuah rumah impian. Semua itu menjadi penting takkala kita dihadapkan pada sebuah persoalan membangun rumah yang fungsional, indah, kuat, nyaman dan ekonomis.
  7. Prestise
    Yang di maksud dengan prestise di sini adalah mewakili diri anda sebagai pemiliknya. Rumah yang anda miliki/bangun semestinya mencerminkan siapa anda sesungguhnya, idealisme anda, selera anda dan hal-hal lain yang mencerminkan keluarga dan kesenangan anda. Ketika mengupas/membicarakan mengenai prestise, kebanyakan orang akan mengerucutkan pikiran mereka kepada tampilan luar yang berkelas, namun rumah yang sejati adalah rumah yang menunjukkan keberadaan asli sang pemiliknya. Prestise yang tampil menonjolkan keegoisan hanya akan menjadikan rumah bagus tapi tidak indah bagi pemilik dan keluarganya. Rumah dengan prestise yang bagus adalah rumah yang harmoni di mana si pemilik merasa bahwa bangunan yang dia miliki/bangun merupakan cerminan jati diri dia dan keluarganya.
Kategori: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Person Whatsapp Kami