Langkah-Langkah Mempercantik Rumah

  • by

Untuk mempercantik rumah sangat tergantung pada kreativitas dan sentuhan tangan sang pemilik, tentunya juga dengan bantuan pengetahuan dari luar seperti arsitek dan referensi lainnya. Besarnya rumah, kemegahan dari luar dan tampilan fasad yang spektakuler belum tentu akan terlihat cantik. Selalu diperlukan Kejelian dalam menentukan konsep, keseimbangan dan kecocokan dalam menata rumah.

Rumah akan terlihat cantik jika tercapai keseimbangan antara ruang luar dan ruang dalam, baik sosok dan fasad bangunannya maupun interior bangunan. Berikut ini, ada beberapa tips cerdas untuk menyulap rumah agar terlihat lebih cantik, kompak, dan bergaya.

  • Ada kesatuan konsep antara ruang luar dan ruang dalam

    Maksudnya adalah adanya kesamaan penyempurnaan konsep pada penampilan rumah terhadap interiornya. Jika rumah bergaya minimalis maka interior didalamnya juga bergaya minimalis, jika tampilan rumah bergaya etnik maka interiornya juga bergaya etnik. Kesamaan konsep ini akan membuat rumah tampil cantik, seirama dan berkarakter kuat.

  • Pemilihan elemen ruang

    Pilihlah elemen di dalam ruang luar dan ruang dalam yang mampu mempercantik rumah tetap senada. Biasanya pemilik ingin ada sesuatu lebih dominan, namun jika salah penempatan maka akan terlihat tidak seimbang. Antara ruang dalam dan ruang luar harus berimbang.

  • Pemilihan furniture

    Ketika memilih furniture, pilihlah model yang tahan lama dan berkualitas baik. Jika pun belum bisa memperoleh furniture yang berkualitas baik, maka siasatilah dengan memilih furniture yang seimbang. Jelilah memilih furniture sesuai dana yang dimiliki, tetap seimbangkan dengan kesatuan pada konsep rumah secara keseluruhan.

  • Pemilihan warna

    Ketika memilih warna untuk interior rumah, sesuaikanlah dengan kepribadian Anda. Pilihlah warna-warna hangat dengan sentuhan romantis atau warna-warna dingin yang nyaman, sehingga membuat keluarga menjadi betah berlama-lama di dalam rumah.

  • Mencari referensi lain

    Ketika sedang mempertimbangkan untuk mendekorasi atau merenovasi sebuah ruangan, maka tidak ada salahnya bila terlebih dahulu melihat-lihat majalah khusus interior-eksterior.

  • Penyimpanan barang

    Agar rumah tampil gaya dan rapi, maka jangan biarkan barang-barang tidak terpakai berserakan di sembarang tempat. Sebaiknya, simpan semuanya dalam gudang khusus.

  • Perpaduan Warna

    Padukan tekstur warna senada, misalnya karpet bertekstur tebal dengan furniture plastik bergaya retro dan bantalan sofa berbahan sutera.

  • Rak Dinding

    Buatlah rak dinding khusus untuk memajang koleksi buku-buku favorit, foto keluarga dan pernak-pernik lainnya.

  • Pencahayaan

    Pencahayaan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan di dalam ruang. Kecermatan dan kejelian dalam menata lampu akan memberi efek yang unik pada ruangan dan tampilan rumah. Ingat pencahayaan yang tepat akan membuat rumah anda semakin cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *