Desain Interior Rumah Modern

  • by
  1. Hunian Bernuansa Natural
    Tema natural adalah salah satu pilihan untuk menyiasati ruang sempit pada rumah Anda. Warna hijau dapat memberi kesan fresh pada ruang tamu Anda, ditambah pemakaian tekstur kayu akan memperkuat tema natural yang Anda pilih. Furniture yang simpel dan model krei yang sederhana menjadikan ruangan terasa lebih luas.
    Kitchen set dengan warna putih membuat dapur Anda terlihat bersih dan hiegienis.  Meja pantry berbahan kayu bisa jadi pilihan tepat, jika Anda masih menginginkan tema natural hadir di dalam ruangan dapur Anda.
    Pada ruang makan, tidak berbeda jauh. Hanya saja, warna dinding memakai warna ceria seperti orange. Tujuannya agar menambah gairah atau semangat Anda pada saat menikmati makanan atau pun berbincang saat makan.
    Masih dengan tema natural untuk mewujudkan kamar yang nyaman bagi Anda. Warna dan material dinding masih sama dengan yang digunakan pada ruang tamu, namun bagian lantai memakai parket. Anda akan merasa lebih nyaman jika menggunakan cover bed dengan tema yang senada. Ruang tidur seperti ini akan yang menjamin Anda tidur pulas dalam kehangatan interior yang natural.

        Permainan detil pada plafon yang di teruskan sampai dinding ini membuat ruang tidur Anda terlihat menakjubkan.  Letakkan meja dan kursi santai untuk Anda menikmati kopi atau teh di sudut tempat tidur.  Apabila di perlukan beri lampu etnik di atasnya sebagai hiasan.
    Manfaatkan ruang sempit yang ada di dalam kamar mandi dengan menempatkan wastafel dan kaca. Ditambah wallpaper juga cahaya dari lampu dinding yang cantik, lorong kecil ini akan nampak sangat mengesankan.
    Kesan natural dalam rumah dapat benar – benar Anda rasakan apabila mengaplikasikan langsung material – material alami dalam ruangan. Batu candi dan marmer merupakan pilihan tepat, karena jenis batuan seperti ini dapat tahan terhadap air jika di aplikasikan sebagai dinding maupun lantai.

  2. Hunian Modern dengan Konsep Minimalis
    Kesan hangat dan modern tampak dalam warna abu –abu, warna yang dikenal calm, pendiam, simple dan dingin tampak nyaman dengan paduan putih dan hijau pada ruang Anda. Perbedaan lantai antara ruang tamu memakai keramik berwarna putih dengan ruang makan memakai parket, menunjukkan perbedaan fungsionalitas antara kedua ruang. Sofa sudut yang berada dekat bukaan membuat ruangan Anda menjadi elegant.
    Solusi cerdas jika Anda memiliki lahan sempit yaitu menyatukan beberapa ruangan. Oleh karena itu, sangat penting memberi kesan berbeda antar ruang tersebut. Anda dapat menciptakan dinding ruang makan yang keatif, memainkan dinding menjadi blok-blok warna putih dan wallpaper unik bernuansa hijau, serta bentuk plafond yang ikut berbeda sehingga mengesankan adanya pemisahan ruang.
    Ruang makan minimalis modern dengan unsur kaca yang cukup dominan mampu membuat kesan ruang yang luas dan ringan. Unsur modern di ruang makan ini amat terasa dan mampu memberikan nilai lebih bagi penghuni sebagai manusia modern degan gaya hidup simple.
    Interior pada ruang tidur utama merupakan hal yang paling penting dalam hunian Anda. Pemilihan warna soft yang mendomasi pada dinding serta bed minimalis  memberi kesan modern. Cover bed dan bantal bermotif  juga bisa jadi ide kreatif bagi Anda agar kamar menjadi lebih terasa ramai.
    “ Efisien“ adalah hal penting dalam desain minimalis. Ciptakanlah ruang efisien dengan rak dan lemari yang menyatu pada dinding ruang kamar Anda. Dengan demikian Anda dapat efisien dalam penggunaan space ruang, juga memberi Anda kelapangan saat beraktifitas.
    Gunakanlah hal-hal yang menarik perhatian anak-anak Anda pada bagian kamar mereka. Misalnya saja binatang, warna dan tokoh favorit anak. Kamar yang sehat bagi anak haruslah cukup cahaya dan sirkulasi udara. Oleh karena itu, beri bukaan yang cukup aman dalam kamar buah hati Anda seperti bukaan menerus dari kaca yang dapat di tutup krei. Tumbuh kembang anak Anda akan berpengaruh pada gerak anak yang aktif, berilah ruang sirkulasi gerak dalam kamar si kecil agar tetap dapat bergerak secara dinamis.

  3. Interior Minimalis Mewah Mempesona

    Dengan Nuansa Merah
    Warna merah seringkali dapat membangkitkan gairah dan semangat penikmatnya. Karena itu warna merah identik dengan mereka yang bersemangat, pejuang sejati yang pantang menyerah dan pemilik selera yang elegan. Untuk Anda yang lebih menyukai gaya glamour, bisa menerapkan warna ini pada hunian kesayangan anda. Gunakan meja dan lampu bergaya klasik serta lukisan artistik sebagai bagian interior ruang tamu.
    Dalam interior klasik, gorden merupakan hiasan dinding yang tidak kalah penting dengan furniture seperti sofa, meja dan lampu sebagai pelengkap ruang. Gelombang yang diciptakan oleh kain satin pada gorden, akan semakin menambah kemewahan ruang tamu Anda. Seperti pepatah “tamu adalah raja” dan Anda pun dapat memiliki istana dalam rumah sendiri.
    Ruang keluarga adalah tempat Anda meluapkan rasa kasih sayang pada setiap anggota keluarga. Tema lukisan, vas bunga dan motif dinding adalah hal-hal organik sebagai makna simbol sebuah kehidupan. Dalam ruang inilah kehidupan Anda di mulai, tempat di mana terjadi interaksi antar anggota keluarga. “Merah muda” berarti setiap anggota harus saling menyayangi dan “putih” berarti harus terbuka satu sama lain.
    Semarakkan ruang makan dan dapur rumah dengan wallpaper pada dinding. Gunakan lampu gantung bentuk silinder sebagai penerang sekaligus hiasan pada langit-langit.
    Dalam ruang santai, bisa diletakkan sofa untuk santai, rak buku untuk baca, dan home theater untuk nonton. Pakailah tirai atau krey etnik sederhana jika Anda terganggu oleh sinar yang berlebihan.
    Jangan cukup puas, hanya dengan permainan warna pada ruangan. Cobalah bermain dengan detail-detail pada  dinding. Seperti detail pada dinding bagian bed ruang tidur pada gambar di samping.
    Selain terlihat mewah, warna merah dapat menghidupkan suasana romantis di ruang tidur. Untuk lebih serasi dengan material lantai dari parket, Anda bisa memilih furniture bernuansa kayu untuk kamar utama Anda. Beri sentuhan glamour dengan motif dari wallpaper pada dinding dan bed cover berwarna merah  pada area tempat tidur.
    Berilah bukaan yang luas sehingga pencahayaan menjadi optimal pada siang hari dan cukup gunakan gorden putih polos sebagai penutup.

    Nuansa Hijau
    Pada kamar anak di butuhkan nuansa segar dengan pilihan warna biru yang dominan. Interior kamar seperti ini sangat cocok Anda terapkan bagi kamar anak remaja di rumah. Remaja punya daya imajinasi yang tinggi, maka ciptakanlah interior kamar yang penuh ide imajinatif. Baik dari segi dinding, bed, meja, lampu dan karpet. Bentuk dan teksturnya harus kreatif dan jadi luar biasa.
    Gunakan furniture simple sesuai dengan aktivitas keseharian anak remaja Anda. Letakkan lemari yang cukup besar pada sisi bed untuk menyimpan perlengkapan pribadi. Bagian yang berada dekat dengan sinar matahari masuk dapat Anda gunakan sebagai tempat meja belajar dan rak buku. Jika penghuni kamar adalah seorang yang hobi mengkoleksi barang – barang tertentu, maka sediakan rak di dalam kamar yang dapat menyimpan serta memajang barang – barang koleksi tersebut.
    Penggunaan shower lebih efisien jika ruang kamar mandi Anda ingin tampil minimalis. Hal itu lebih baik dari pada penggunaan bak yang akhirnya malah menjadikan ruang kamar mandi terasa sempit. Penggunaan shower juga membuat penggunaan air menjadi lebih hemat.
    Pada area toilet, Anda boleh menggunakan keramik untuk lantai. Karena bagian lantai area toilet pasti nya tidak akan selalu basah. Sedangkan untuk lantai area shower, Anda boleh gunakan batuan seperti batu candi, kerikil atau sejenisnya. Lantai dari batuan ini tidak licin dan dapat menyerap air pada area yang sering basah.
    Agar lebih serasi, gunakan batu paras untuk bagian dinding. Sehingga tercipta kamar mandi yang nyaman bagi Anda sekeluarga dengan paduan warna –warna natural yang harmonis.

  4. Hunian Tropis Minimalis Modern
    Daerah beriklim tropis, memungkinkan  kondisi di mana cahaya, suhu dan kelembaban tinggi. Hal itu pastinya berpengaruh terhadap desain apabila hunian Anda berada di daerah beriklim tropis. Manfaatkan cahaya dengan membuat bukaan yang besar dalam ruang. Gunakan warna soft untuk warna dinding, agar ruang sempit menjadi terkesan lebih luas. Anda dapat memakai furniture berbahan dari tumbuhan tropis seperti rotan dan kayu.
    Berikan nuansa-nuansa hijau pada ruangan, secara psikologis dapat memberikan ketenangan serta sejuknya hijau dapat memberi kesegaran pada ruangan. Anda dapat memakai dapur bergaya green mediteranian, tambahkan hiasan tanaman tropis pada  sudut – sudut tertentu. Ruangan dapur nampak sangat segar apalagi dengan efek cahaya tropis yang cerah. Bila perlu letakkan kipas angin pada langit – langit, untuk mengatasi kelembaban tinggi.
    Ruang keluarga menjadi  hirarkhi di mana ruangan ini sebagai penyatu ruang-ruang lain di dalam rumah. Ruangan ini baiknya didesain lebih luas agar seluruh anggota keluarga dapat berkumpul.

    Bagian ruang makan Anda merupakan ruangan sehat yang mestinya harus terbebas dari bakteri dan kuman. Anda dapat memanfaatkan sinar matahari tropis yaitu dengan membuat bukaan yang lebar dan besar. Selain mengoptimalkan cahaya masuk, cahaya tersebut juga bisa mematikan bakteri dan kuman pada area ruang makan. Ruang Anda akan menjadi semakin higienis.

    Untuk mengatasi rasa silau dari cahaya bisa menggunakan krei atau “sun screen”. Beri lampu pada plafon, agar ruangan semakin menarik. Letakkan lemari kaca yang senada dengan furniture kursi dan warna dinding.

    Hunian Cerah dan Segar

    Tidak jarang di antara Anda, lebih menyukai hunian yang semarak dengan warna – warna terang. Seperti kuning, hijau, putih, merah dan biru. Warna kuning dan hijau pada dinding ruang tamu dan dibuat tidak terlalu berkesan minimalis ditambah dengan furniture lemari unik dengan  lingkaran di tengah meski masih memakai sofa bergaya simpel. Bagian plafon di pasang kaca – kaca cermin agar tidak menoton.  Ruang tamu seperti ini sangat cocok untuk Anda yang sering kedatangan tamu di rumah. Selain itu juga, ruang ini mempunyai sirkulasi ruang cukup maka Anda pasti nyaman berbincang dan berkumpul di ruang yang segar tanpa membuat Anda bosan.

    Ruang keluarga lebih terlihat minimalis dengan paduan furniture putih nan simpel. Hal ini di maksudkan untuk kenyamanan Anda sekeluarga berkumpul dan istirahat dengan kesan yang lebih tenang. Detil plafon merupakan penekanan ruang untuk bagian area meja makan. Dengan tambahan lampu gantung akan membuat pencahayaan yang dramatis di area meja makan Anda.

    Warna dinding pun tidak lagi dengan kuning namun cream dan untuk meja kursi makan maupun kichen set berwarna putih. Terdapat banyak bukaan untuk cahaya maupun sirkulasi udara. Ruangan menjadi terang dan bersih.

    Ruang tidur utama di desain dengan konsep minimalis, baik dari penataan furniture serta penggunaan material. Detil – detil pada dinding, plafon dan furniture mengambil bentuk dasar kubik. Bebas ornamen apapun, ruang dibuat lebih dramatis dengan lampu – lampu baik yang berada di langit – langit atau dinding. Anda bisa gunakan bed cover dan gorden bermotif supaya ruang tidak terlalu kaku dengan kesan minimalis.

  5. Interior Hunian Colourfull Nan Ceria

    Terkadang Anda juga bosan dengan desain minimalis yang kaku. Terutama untuk pemilihan warna dalam interior sebuah ruang, tidak jarang di antara kita lebih suka dengan sesuatu yang lebih bersemagat.

    Warna – warna yang kuat pada pilar yang nampak sepert kisi – kisi vertikal pada ruang tamu. Garis – garis tegas dapat membuat kesan artistik dari warna – warna pilar tersebut. Anda dapat menambahkan fitur – fitur arsitektural berupa gambar objek seperti bunga dan hewan seperti terlihat pada karpet dan lukisan.

    Kebersamaan semakin terasa manakala di rumah Anda antara ruang keluarga dan ruang makan saling terhubung. Apalagi di tambah backgroud orange dan motif bunga – bunga pada dinding dan gorden, semua itu semakin menambah keceriaan Anda sekeluarga.

    Ruang dapur Anda menjadi penuh cahaya dengan bukaan yang begitu besar. Area plafon menjadi futuristik karena efek dari pantulan kaca – kaca cermin. Gunakan gorden dengan motif flowers agar suasana masak Anda menyenangkan. Sehingga Anda dapat menghidangkan makanan lezat setiap hari.

    Tangga berada dekat ruang makan agar setiap penghuni mudah terhubung ke ruang tersebut. Krei anyaman bambu dapat dipasang pada jendela. Pada area plafon di atas meja makan bisa dipasang lampu – lampu yaang memberi pecahayaan saat menyantap hidangan di rumah.

    Kenyamanan  pekerja di rumah juga merupakan hal penting bagi Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan kenyamanan ruang pembantu di rumah. Salah satu upaya Anda mungkin dengan memberi wallpaper untuk dinding ruangan. Pilihlah motif wallpaper yang serasi dengan warna dinding dan elemen interior lain yang ada dalam ruangan tersebut. Posisikan pintu masuk kamar pembantu berdekatan dengan dapur. Di ruang ini baiknya di lengkapi furniture lemari dan bed single. Cat dinding terlihat serasi saat di pasangkan dengan motif flowers pada penutup jendela.

    Detil  kisi – kisi seperti di ruang tamu dihadirkan kembali pada ruang kerja di kamar Anda. Ini membuat ruang kerja di rumah tidak terlalu formal dengan pilihan warna orange. Furniture ruang keja disesuaikan dengan kebutuhan kerja Anda pada umum nya.

    Kamar mandi keluarga yang simply dan minimalis serta elemen Interior yang memakai material tekstur natural dapat membuat Anda mandi dengan tenang. Cahaya dari plafon membuat cerah kamar mandi,Tentunya Anda betah berlama – lama melakukan perawatan dalam kamar mandi Anda.

    Pada kamar anak gunakan furniture yang efisien dan multifungsi, contohnya lemari yang multifungsi untuk rak buku dan meja TV. Penggunaan warna orange pada  backgroud dipadukan dengan coklat membuat kamar lebih elegan.

    Untuk penekanan ruang, beri detil pada plafon bagian atas tempat tidur dan dinding pada sisi bed. Letakkan meja belajar di samping tempat tidur dan lengkapi dengan lampu belajar untuk kenyaman aktifitas anak.

  6. Hunian Comfortable dan Dinamis

    Kenyamanan sebuah rumah dapat juga diukur ketika mampu memenuhi berbagai aktifitas penghuni serta fasilitas yang ada di dalamnya memadai. Sehingga pada perkembangannya rumah bukan lagi tempat dimana kita melakukan aktifitas pokok bersifat lahiriah saja, seperti makan, minum, tidur, beribadah, bekerja dan berinteraksi sesama anggota keluarga. Tetapi juga, menjadi tempat aktifitas tersier seperti kegiatan rekreatif/hiburan dan bahkan olahraga.

    Suasana hangat dan misterius begitu terasa dengan adanya elemen warna violet dan hitam yang dipadu dengan unsur putih pada bagian dalam rumah. Sentuhan artistik pada dinding layar bagian belakang televisi, serta detil menawan di tambah sinar lampu yang dramatis. Ruangan ini akan menjadi ruang transisi yang nyaman antara aktifitas  antara ruang tamu dengan ruang makan.

    Ruang makan Anda akan terlihat begitu dinamis dengan detil – detil di bagian plafon dan dinding. Mini bar, sofa dan lampu lampion dapat membuat ruang makan Anda seperti di bar sungguhan. Anda dapat menikmati makanan dan minuman dengan santai. Konsep dapur minimalis dengan dominasi warna putih di setiap furniture. Kesan mewah nampak pada motif meja bar yang artistik. Paduan stainless dari elemen kursi, lampu gantung dan kichen set memberi efek simply, stylis dan elegan.

    Suasana meruang sangat terasa dalam ruang tidur utama yang memiliki detil plafon yang melurus memusatkan pandangan pada sudut ruang yang memiliki bukaan atau sumber cahaya ruang. Begitu pula komposisi massa bentuk pada detail dinding menunjukkan ritme dan keseimbangan warna. Ruang tidur utama Anda nampak eksotis dengan pilihan warna hitam pada lantai.

    Motif pada wallpaper warna ungu di padukan dengan warna pink untuk dinding kamar anak menjadi lebih menarik dan terkesan dewasa ditambah lantai mengunakan keramik polos dengan warna terang yang menonjol.

    Bisa juga anda menata interior dengan konsep yang zen di mana menjadi terlihat simpel, efisien, dan sangat fungsional. Mulai dari krei jendela, lemari, bed, meja belajar dan tempat penyimpanan berkas. Tujuannya agar kamar anak Anda mudah di bersihkan dan tampak selalu rapi. Sehingga dapat menjadi tempat yang nyaman baik untuk belajar ataupun beristirahat.

    Untuk kamar mandi agar ruang tidak kaku dan lebih dinamis, gunakan showertube lengkung dari kaca. Warna ungu pada furniture kamar mandi  sebagai bentuk konsistensi Anda dalam keserasian tema pada hunian. Untuk material dinding lebih di dominasi material batuan.

    Home theater yang cukup luas dengan model dudukan kursi yang tidak kalah nyaman dengan di bioskop tentunya dengan layar yang juga tidak kalah besar dengan layar bioskop. Lampu – lampu theater menambah suasana nonton semakin bersemangat. Warna bagian dalam ruang dibuat gelap, agar kemampuan dinding untuk meredam suara semakin optimal. Bentuk plafon dibuat bergelombang agar kualitas suara yang di hasilkan lebih bagus karena di pantulkan oleh bidang – bidang itu. Jika Anda perlu sentuhan aksesoris ruang bisa meletakkan lukisan atau pajangan seperti gitar pada dinding.

    Pada sisi lain di lantai atas dapat ditambahkan ruang mini untuk fitness dengan peralatan kebugaran serta kursi untuk santai jika Anda lelah setelah berolah raga. Ruangan fitness pada umumnya memiliki dinding yang hampir seluruhnya di kelilingi kaca.

  7. Hunian Simply yang Tenang

    Terkadang bagi beberapa orang berharap memiliki hunian dengan konsep sederhana dan tenang. Kesederhanaan akan membawa kita pada perasaan yang lebih dalam dan dapat membantu dalam proses berpikir Anda. Suasana tentram langsung terasa saat Anda memasuki ruang tamu yang bergaya minimalis simpel dengan dinding berwarna putih murni, begitu pula furniture juga bergaya simply dengan warna – warna lembut. Sebagai aksentuasi ruang, lantai dapat dibuat menonjol dengan warna gelap.

    Suasana yang lebih fresh namun tetap tenang dapat anda ciptakan pada ruang televisi dan keluarga. Di ruang ini Anda sekeluarga akan merasa nyaman dengan banyaknya bukaan yang cukup udara segar dan sinar, apalagi interior bagian dalam nya masih tetap sederhana dan enak dipandang.

    Konsep yang sama juga dapat anda ciptakan pada ruang dapur, gunakan unsur warna hijau untuk membuat ruangan terlihat fresh. Bagian dapur terlihat minimalis jika memakai aksesoris ruang bernilai seni tinggi. Baik bentuk furniture dan pajangan. Dapur terasa lapang dan pasti Anda akan merasa nyaman bergerak dan beraktifitas di dalam dapur.

    Pada bagian toilet, detil minimalis segar dan bermotif dapat membuat ruangan menjadi lebih ramai dan moderen. Tidak terkesan membosankan dan kaku seperti toilet pada umumnya, toilet baiknya dilengkapi dengan shower, washtafel, dan rak penyimpan handuk.

    Saat Anda beristirahat kenyamanan dan ketenangan adalah hal yang paling dibutuhkan. Anda dapat menghadirkan ketentraman itu dengan pilihan warna natural seperti putih yang dikombinasikan dengan warna coklat. Kehangatan unsur warna natural dalam elemen wallpaper dinding, lantai dan bed akan membawa Anda kedalam kedamaian beristirahat di rumah.

    Di dalam kamar tidur yang juga disediakan sofa untuk duduk santai bagi pemiliknya memungkinkan si pemilik untuk lebih betah tinggal di dalam. Ruang tidur seperti ini memberi keleluasaan untuk mereka yang biasanya masih sering mengerjakan pekerjaan hingga di rumah bahkan di dalam kamar.

    Terdapat juga fasilitas televisi layar datar dan sofa minimalis untuk kenyamanan dalam menonton acara televisi kesukaan. Konsep ruangan menjadi naturalis moderen di mana kesan natural ruangan berpadu dengan unsur teknologis. Penekanan ruang dalam juga terlihat pada detil plafon memusat pada sudut yang mengarah ke televisi, kemudian di apit oleh pajangan unik dengan lampu gantung pada bagian atas.

    Penataan Ruang Makan juga semakin kompak apabila ditambah dengan meja natural kayu dan kursi masa kini yang moderen. Meja makan tidak hanya sekedar untuk aktivitas makan, melainkan juga bisa digunakan sebagai tempat ngobrol dengan anggota keluarga atau sahabat, suasana furniturenya terasa membawa gairah yang lebih akrab.

    Konsep putih dapat dipakai untuk kamar tidur anak. Ruangan kamar anak ini menjadi tempat inspirasi ide meski tidak banyak perabot. Khusus bagi anak yang menyukai seni, misalnya seni melukis, Anda bisa menempatkan perlengkapan lukisan di dalam kamar anak ini agar inspirasi dan kreativitas si anak menjadi lebih aktif. Permainan cahaya menambah efek dramatis ruang. Penataan ruang dan furniture bernilai seni mebuat ruang kamar ini nampak seolah seperti pameran di sebuah museum seni. Sangat menarik.

nistain-odop-artlinearsitek

Nistain Odop, ST
Arsitek – Penulis –
Lulusan AT YKPN dan Universitas Teknologi Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *